Category Archives: Kabar Desa

Dana Desa

Penguatan Operator Desa dalam Mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) Di Kabupaten Brebes

Kamis (15/03), Bupati Kabupaten Brebes melalui Dinpermades melakukan kegiatan pembentukan forum data desa dan penguatan operator desa dalam mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) di hotel Anggraeni, Bumiayu.

Sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mana menjadi salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan pada tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008, para Relawan yang terdiri dari 12 Desa atau Operator Desa yang menjadi percontohan di Kabupaten Brebes menghadiri acara tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Baperlitbangda Kab. Brebes, Kecamatan Paguyangan dan yang dimotori oleh “KOMPAK” (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Australia – Indonesia) dan PUSPINDES.

Adapaun 12 Desa yang mengikuti kegiatan ini diantaranya dari Kecamatan Paguyangan, Desa Paguyangan, Desa Wanatirta, Desa Cipetung dan Desa Kedung Oleng, dari Kecamatan Kersana, Desa Kersana, Desa Cigedog dan Desa Cikandang. Kemudian Desa Luwungragi Kec. Bulakamba, Desa Luwunggede Kec. Tanjung, Desa Kedungeng Kec. Losari, Desa Laren Kec. Bumiayu, dan Desa Kertasinduyasa Kec. Jatibarang.

Kegiatan ini dumulai pukul 10.00 WIB dan di buka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rofiq Qoidul Adzam, SH yang dalam sambutanya menyampaikan “Pentingnya SID untuk penguatan data desa dan perencanaan pembangunan desa”.

Dilanjutkan dengan penguatan operator desa didampingi oleh tim PUSPINDES yang menjelaskan optimalisasi Sistem Informasi Desa yang terintegerasi dengan SIPBM yang mana merupakan produk inovasi dari Baperlitbangda Kab. Brebes yang fungsinya secara umum untuk mengetahui segala kondisi yang ada di desa agar sesuai dengan Visi & Misi Bupati yaitu penuntasan Anak Putus Sekolah. Integerasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) dan terwujudnya validasi data penduduk di Kabupaten Brebes.

Di Acara terakhir, diisi dengan kegiatan Jurnalisme warga yang bertujuan untuk memberitakan kegiatan penguatan Sistem Informasi Desa (SID).

Rofiq Qoidul Adzam, SH (Kepala Dinpermades Kab. Brebes) membuka acara Penguatan Operator Desa Dalam Mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) di Hotel Anggraeni (15/03).

Kunjungan tim inspektorat di Desa Paguyangan

Rabu(06/12/2017) Tim Insepktorat Brebes berkunjung ke Kantor Desa Paguyangan tepatnya di pertigaan Kedung Banteng (kantor desa sementara). Kunjungan tersebut untuk pemeriksaan terkait  administrasi di Desa Paguyangan, Kecamatan Paguyangan,  yang Telah/sedang berlangsung selama Tahun Anggaran 2017 dan disesuaiakan dengan kegiatan fisik yang sudah dilaksanakan. tim Inspektorat Tiba di lokasi sekitar Pukul 09.30 WIB.

Tim Insepketorat yang datang terbagi menjadi beberapa tugas pengecakan, dari mulai administrasi keperintahan, pembangunan, dan tentuanya keuangan atau bendahara, hampir setiap perangkat desa ikut hadir dan memberikan jawaban atau penjelasan dari apa yang ditanyakan oleh tim inspektorat, selain itu salah satu tim inspektorat juga mengunjungi pelaksanaan bangunan fisik ditemani TPK Dana Desa dan TPK ADD agar dapat meninjau langsung seperti pembangunan jalan, talud dan kantor balaidesa Paguyangan yang masih dalam proses pembangunan di tahun 2017 ini.

Kedatangan tersebut bukan tanpa maksud dan tujuan, namun diperuntukan agar Administrasi dan Penyaluran dana- dana yang masuk ke pemerintah desa sesuai dengan Peraturan yang telah ditetapkan.

Latihan Qosidah TP PKK Desa Paguyangan

Lagi, Perbaikan Jalan di Desa Paguyangan

Upaya peningkatan kualitas jalan desa di Desa Paguyangan Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes terus dilakukan. Setelah sebelumnya jalan jalan desa tersebut sebagian memiliki kemiringan yang cukup curam, kemudian pada anggaran tahun 2017 ini dilakukan peningkatan jalan sehingga askes kendaran yang melewati tidak mengerikan lagi.

Mengingat sudah beberapa kali terjadi kecelakaan lalu lintas akibat jalan yang terlalu miring di pertigaan tersebut, kini kerusakan lubang menganga serta sebagian jalan berbatu akhirnya dilakukan proses pembangunan dengan menggunakan aspal dan sebagian jalan gang dilakukan pengecoran. Proses awal pengerjaan dilakukan dengan melakukan pengukuran dan pembersihan jalan dari TPK Desa dengan pemborong proyek kegiatan.

Terus Dikebut Perbaikan Jalan Kyai Buchori

Program Pemerintah Desa Paguyangan dari anggaran Dana Desa Tahun 2017 salah satunya untuk perbaikan jalan Kyai Buchori RT 03, 04 RW 04 Desa Paguyangan. Pengerjaan terus dikebut mengingat banyak titik yang mengalami perbaiakn jalan di tahun ini.

Selain Jalan Utama Kyai Buchori, pembangunan jalan gang juga turut serta dalam anggran Dana Desa 2017 sehingga diharapakan nanti seluurh infrastruktur jalan di wilayah Desa Paguyangan menjadi lebih baik dan masyarakat dapat menikmati manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari.