Penguatan Operator Desa dalam Mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) Di Kabupaten Brebes

Kamis (15/03), Bupati Kabupaten Brebes melalui Dinpermades melakukan kegiatan pembentukan forum data desa dan penguatan operator desa dalam mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) di hotel Anggraeni, Bumiayu.

Sesuai Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mana menjadi salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan pada tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008, para Relawan yang terdiri dari 12 Desa atau Operator Desa yang menjadi percontohan di Kabupaten Brebes menghadiri acara tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Baperlitbangda Kab. Brebes, Kecamatan Paguyangan dan yang dimotori oleh “KOMPAK” (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan Kemitraan Pemerintah Australia – Indonesia) dan PUSPINDES.

Adapaun 12 Desa yang mengikuti kegiatan ini diantaranya dari Kecamatan Paguyangan, Desa Paguyangan, Desa Wanatirta, Desa Cipetung dan Desa Kedung Oleng, dari Kecamatan Kersana, Desa Kersana, Desa Cigedog dan Desa Cikandang. Kemudian Desa Luwungragi Kec. Bulakamba, Desa Luwunggede Kec. Tanjung, Desa Kedungeng Kec. Losari, Desa Laren Kec. Bumiayu, dan Desa Kertasinduyasa Kec. Jatibarang.

Kegiatan ini dumulai pukul 10.00 WIB dan di buka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rofiq Qoidul Adzam, SH yang dalam sambutanya menyampaikan “Pentingnya SID untuk penguatan data desa dan perencanaan pembangunan desa”.

Dilanjutkan dengan penguatan operator desa didampingi oleh tim PUSPINDES yang menjelaskan optimalisasi Sistem Informasi Desa yang terintegerasi dengan SIPBM yang mana merupakan produk inovasi dari Baperlitbangda Kab. Brebes yang fungsinya secara umum untuk mengetahui segala kondisi yang ada di desa agar sesuai dengan Visi & Misi Bupati yaitu penuntasan Anak Putus Sekolah. Integerasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) dan terwujudnya validasi data penduduk di Kabupaten Brebes.

Di Acara terakhir, diisi dengan kegiatan Jurnalisme warga yang bertujuan untuk memberitakan kegiatan penguatan Sistem Informasi Desa (SID).

Rofiq Qoidul Adzam, SH (Kepala Dinpermades Kab. Brebes) membuka acara Penguatan Operator Desa Dalam Mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) di Hotel Anggraeni (15/03).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *